Menu

My Techno Info

All about Tech and Others

header photo

Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

May 1, 2015

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia - Menilik kondisi pertanian di Indonesia, di sini akn terurai berbagai permasalahannya, dan seandainya mungkin disertai solusinya. Bila kita benar-benar menyadari bahwa alam Indonesia ini ialah surga bagi berbagai spesies tanaman, kaya sumber daya alam mineral, dan lain sebagainya. Alangkah miris melihat bahwa ternyata Negara Indonesia masih mengimpor berbagai bahan makanan dari luar negeri, guna mencukupi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Pertanyaannya, apa yg kurang dari pertanian Indonesia sampai-sampai ngga dapat mencukupi kebutuhan pokok bangsa Indonesia?

Keunggulan kompetitif pertanian Indonesia Indonesia seperti Negara Asia lainnya, cuma mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau, sehingga akn sangat gampang untuk mengatur/ menentukan musim untuk bercocok tanam (tandur, Jawa) dan musim panen.
Jenis tanah yg ada di Indonesia ada bermacam-macam, yaitu:

    Tanah lempung berwarna hitam yang
    memiliki unsur hara yang lebih baik dari tanah macam lain.
    Tanah berpasir yg merupakan
    lava dari gunung berapi yg memiliki tingkat kesuburan tinggi.
    Tanah cadas atau tanah yang
    mengeras warnanya agak kecoklatan biasanya ada di di bawah tanah yang berwarna
    hitam. Memiliki unsur hara lebih sedikit dari tanah lempung.

 
Dari semua jenis tanah di atas, tetap saja tanah yang ada di Indonesia tergolong tanah yg subur, kaya unsur hara dan bisa ditanami dengan baik.
 
Konversi tanah pertanian ke pemukiman

Lagi-lagi kita tdk dapat berkutik dengan perubahan jaman yang kian pesat, yang turut berfungsi aktif dalam pertumbuhan jml penduduk (tingkat populasi). Apa ingin dikata jika jumlah penduduk di Indonesia kian hari kian meningkat, maka seiring dengan pertambahan populasi tersebut, maka akan diiringi dgn peningkatan jml pemukiman. Pembukaan lahan pertanian yg digunakan untuk pemukiman atau konversi tanah pertanian menuju pemukiman juga akan kian meningkat. Tapi jangan kuatir, ahli pertanian kita telah sedemikian canggih, sehingga telah banyak
penemuan-penemuan ilmiah yang dpt membantu meningkatkan budidaya pertanian. Trik pertanian juga diterapkan utk digunakan di lahan sempit atau di lahan luas jg telah diusahakan utk meningkatkan swasembada pangan.

Berbagai macam tips pertanian juga disosialisasikan supaya seluruh petani di Indonesia jg turut merasakan kemudahan dalam bercocok tanam. Tutorial pertanian disampaikan lewat jalur penyuluhan pertanian. Kemudahan-kemudahan lain disampaikan melalui regulasi pertanian yang pasti dapat kita rasakan. Di era sekarang utk menemukan tutorial mengenai tips dan trik pertanian sangat gampang sekali seperti kita lihat di website Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia http://jokowarino.id. Dalam website Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia ini terdapat tutorial pertanian yg sangat mungkin nte lakukan
sendiri di rumah, seperti

    Mengetahui pH tanah secara tradisional
    Metode utk mengetahui status hara tanaman
    Manfaat & fungsi keberadaan tanah, dan lain sebagainya.

Bagi ane pribadi merasa pertanian Indonesia mempunyai keragaman permasalahan yang komplek dan membutuhkan penyelesaian yg terintegrasi antar lembaga. Kalau sumberdaya alam Indonesia tidak diragukan lagi keberadaannya.Tinggal bagaimana kita mengolah serta mengelola pertanian Indonesia dgn sebaik-baiknya, dengan gak mengabaikan unsur-unsur pendukungnya. Dgn begitu pertanian Indonesia pasti akn maju.

Go Back

Comment